FAQ

Temukan jawaban tentang perawatan kulit, kecantikan atau produk Ristra di sini.

Apa itu Kosmetodermatologi?

Kosmetodermatologi adalah singkatan dari kosmetologi dan dermatologi, yaitu gabungan ilmu kedokteran yang mempelajari ilmu kosmetik untuk perawatan kulit. Kosmetodermatologi secara resmi dikembangkan di Indonesia pada tahun 1970 oleh ahli spesialis kulit dan kelamin Fakultas Kedokteran UI Dr. Retno I.S. Tranggono.

Apa bedanya Ristra dengan produk lainnya?

Ristra merupakan produk kosmetodermatologi pertama di Indonesia yang diracik oleh ilmuwan kosmetika Indonesia yaitu Dr. Retno Iswari Tranggono, SpKK. Semua produk Ristra dipastikan melalui tahap uji klinis oleh Dokter Spesialis Kulit & Teknologi Kosmetika.

Apa benar membersihkan wajah hanya dengan sabun atau pembersih 1 langkah saja sudah cukup?

Membersihkan wajah hanya dengan 1 langkah saja tentunya tidak cukup. Dalam sehari wajah terpapar sinar matahari, terkena polusi, debu, kotoran dan make up sehingga perlu dibersihkan secara menyeluruh, yaitu dengan 4 langkah pembersihan kulit wajah yang tepat.

Apa sih 4 langkah pembersihkan kulit wajah yang tepat?

LANGKAH 1 : Bersihkan wajah dengan cleansing milk, lalu lanjutkan dengan sabun pembersih wajah dengan pH seimbang (pH Balanced)

LANGKAH 2 : Segarkan wajah dengan toner

LANGKAH 3 : Lembabkan wajah dengan moisturizer

LANGKAH 4 : Lakukan scrub wajah dua kali dalam seminggu untuk regenerasi kulit

Apa itu Mantel Asam Kulit ?

Mantel Asam Kulit adalah lapisan paling luar kulit yang terbentuk dari pengeluaran keringat, kelenjar minyak dan sisa kulit mati di permukaan kulit. Mantel Asam Kulit berfungsi sebagai perisai yang melindungi kulit dari kekeringan, suhu, sinar matahari dan infeksi jamur & bakteri.

Bagaimana sih kondisi kulit sehat ?

Kulit sehat memiliki tingkat pH seimbang yaitu 4,5 – 5,5. Kosmetika yang tidak memiliki tingkat pH seimbang akan merusak Mantel Asam Kulit sehingga bakteri mudah masuk, membuat kulit berjerawat, kering, atau meradang.

Seperti apakah proses penuaan kulit?

18 - 25 tahun

  • • Kulit dalam kondisi sempurna
  • • Seiring waktu produksi Kolagen (protein penyusun kulit) & Elastin (protein pada kulit untuk menjaga kulit fleksibel dan kencang) mulai menurun

35 tahun
  • • Kecerahan kulit memudar
  • • Kelembaban kulit berkurang
  • • Muncul kerutan-kerutan halus

50 tahun
  • • Elastisitas kulit berkurang
  • • Kerut wajah mulai terlihat jelas
  • • Pergantian kulit melambat

60 tahun
  • • Kulit kering dan berkeriput
  • • Munculnya noda gelap

Apa sih yang menyebabkan penuaan dini?

Penuaan dini adalah proses penuaan kulit yang terjadi sebelum waktunya. Kulit yang kering, paparan sinar matahari, radikal bebas, polusi, debu, asap rokok, obat-obatan, bahan kimia berbahaya, dan pola hidup tidak sehat dapat mempercepat proses penuaan.

Gaya hidup sehat dan melakukan perawatan kulit secara teratur dengan produk perawatan kulit yang dilengkapi dengan moisturizer, antioksidan, UV protector, dan pH balance dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

Ada berapa tipe warna kulit ? Dan apa sih ciri-cirinya?


Tipe kulitWarna kulitCiri-ciri saat terkena sinar matahari
PutihPutih, sangat pucat, rambut berwarna merah atau pirang, warna bola mata biru,memiliki bintik-bintik pada kulitKulit mudah sekali terbakar. Meski terpapar matahari, warna kulit ini tidak bisa menjadi gelap
Kuning langsatPutih, pucat, rambut berwarna merah atau pirang, warna bola mata biru, coklat muda & HijauKulit biasanya terbakar, namun tidak mudah menjadi gelap
Coklat mudaCoklat muda, pucat, rambut & bola mata bisa berwarna apa sajaKulit kadang terbakar,dan perlahan menjadi gelap
CoklatBiasa disebut sawo matang, warna kulit ini didominasi oleh orang Asia yang tinggal di daerah tropisKulit jarang terbakar dan mudah menjadi gelap
Coklat tuaCoklat tua, warna kulit ini biasanya berada di area Asia Timur & MesirKulit tidak pernah terbakar dan mudah menjadi gelap
GelapGelap kehitaman, warna kulit ini biasanya berada di daerah beriklim tropis, seperti Asia, Amerika Latin, dan AfrikaTidak pernah terbakar dan menjadi gelap dengan cepat


Ada berapa banyak sih lapisan kulit?

Kulit memiliki tiga lapisan utama: epidermis (lapisan luar kulit), dermis (lapisan dalam kulit, tempat folikel rambut, kelenjar keringat, kelenjar minyak, ujung-ujung saraf, dan pembuluh darah), dan jaringan subkutan/hipodermis (lapisan lemak di bawah kulit).

Apa bahaya Sinar UV A & UV B?

UV A : Mampu menembus ke dalam kulit hingga lapisan dermis dan dapat menyebabkan penuaan dini (kerut, kendur, kasar, kulit gelap, dan flek hitam). Paparan sinar UV A bahkan dapat menyebabkan kanker kulit.

UV B : Menembus lapisan epidermis, menyebabkan kulit terbakar (terutama pada kulit dengan tipe warna putih/terang), menyebabkan penggelapan kulit (pada kulit dengan tipe warna coklat/gelap)

Apa sih Nanotope Technology?

Partikel kecil (nano) yang mampu menembus lapisan kulit epidermis terdalam. Partikel kecil (nano) yang mampu menghantarkan zat aktif lebih cepat ke dalam sel epidermis, sehingga nutrisi pada kosmetik dapat terserap sempurna oleh kulit sehingga nutrisi pada kosmetika terserap sempurna oleh kulit.

Apa itu antioksidan?

Antioksidan adalah bahan aktif yang dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Apa sih beda bedak tabur dan bedak padat?

Bedak tabur biasanya digunakan untuk make up ringan sehari-hari, sedangkan kombinasi bedak padat dan foundation dapat digunakan untuk menutupi kekurangan pada tampilan kulit wajah.

Apa benar memakai bedak dan foundation setiap hari dapat menyebabkan komedo dan jerawat?

Kosmetik dengan bahan yang berbahaya dapat menyebabkan komedo, jerawat dan kerusakan kulit. Memilih kosmetik yang non-acnegenic dan membersihkan wajah dengan langkah yang tepat, akan melidungi kulit dari komedo dan jerawat.

Apakah Ristra menyediakan jasa pengiriman internasional?

Saat ini Ristra hanya menyediakan jasa pengiriman ke berbagai tujuan di Indonesia.